Kamis, 27 Oktober 2016

Lahiran SC? Anak Sufor? Ditinggal Kerjaaa????

 **THIS GONNA BE A LONG POST, so pastikan baby anda sudah kenyang dan bubuk nyenyak, masakan anda udah mateng, dan setrika udah dicabut, baru deh cuss baca ini postingan yang penting ngga penting **

Saya nulis ini sambil nungguin baby saya yang lagi enak-enaknya bubuk, abis nangis kejer gegara abis vaksin DPT dan bekas suntikannya bengkak, plus sambil mnghitung hari menjelang saat saya harus kembali ke kantor setelah cuti lahiran abis.

Lho kerja nih mbak? Trus babynya sama siapa?
Baby J selama saya kerja dijagain sm oma dan papanya, cz papa baby J kerjaannya freelance, jadi bisa lebih banyak punya waktu di rumah.

Trus ASI nya gimana?
Baby J sekarang udah full sufor, gegara ASInya cuma keluar 1 bulan aja.

Pertanyaan-pertanyaan tadi adalah pertanyaan yang wajar ditanyakan, bahkan saya sendiri juga sering nanya-nanya seperti itu, tapi saat ini pertanyaan-pertanyaan tersebut adalah trending topics, hot threads, isu kekinian di antara para buibuk,bunda-bunda,dan mommy-mommy. Kok bisa? Yang menjadikan pertanyaan-pertanyaan tersebut hangat dibahas adalah tanggapan si penanya terhadap jawaban para buibuk,bunda-bunda,dan mommy-mommy yang ditanya. Kok bisa?

Gini deh
Menurut saya, dari pengalaman pribadi, nguping pembicaraan orang, dan baca-baca aneka status, komen,dan postingan di berbagai medsos, ibu yang baik itu harus: lahiran normal, kasih asi eksklusif, dan full time jd IRT, kalo ngga berarti lo bukan ibu sejati, ibu pemalas, ibu egois, dan baby lo babynya sapi (OMG yang trakhir ini beneran bikin saya pengen ngegaruk muka orang yang ngomong begini pake bulu kemoceng).

Yuk lah kita bahas satu-satu:

1. Ibu yang baik itu ibu yang lahiran normal
Normal atau SC semestinya yang menentukan adalah dokter kandungan. Misalnya, kalo baby sungsang,atau kelilit tali pusat, tentu harus SC lahirannya. Untuk kasus saya,baby J harus SC karena saya kena hyperemesis,sampai mau lahiran saya mual dan cuma bisa makan dan minum dikit, sehingga baby J harus dikeluarkan lebih cepet dari HPL daripada kelaperan di dalem perut. Persalinan normal maupun SC sama-sama ada plus dan minusnya. Memang ada para mommy yang memilih SC karena takut dengan sakitnya lahiran normal,menurut saya itu sah-sah aja,daripada tar dipaksain terus ga kuat terus terpaksa dibelek juga? Bahaya ke baby dan mommynya juga kan? Ibarat kata, anda lagi sakit gigi, kalo mau obat yang alami ya kumur lah air garem, tapi kalo uda ga nahan sakitnya terus minum obat penghilang sakit apa itu juga salah? Kalo dikata manja dan mau enaknya aja, helloooo ini tuh operasi keluarin orok,bukan operasi angkat kutil yang 15 menit selese, lahiran SC meski prosesnya cepet dan tanpa sakit tapi itu cenut-cenutnya jaitan bisa sampe berbulan-bulan bahkan sampe tahunan,meski iya ga sampe bagaikan 20 tulang patah bersamaan (katanya kalo normal tuh rasanya begitu),tp tetep aja ngiri liat temen-temen yang lairan normal abis lairan besok lusanya udah lincah kesana kemari. Saya uda ngerasain sendiri gimana harus nyusuin (waktu masi ASI), bikin susu malem-malem,dan ngurusin segambreng keperluan baby lainnya dengan jaitan yang masi cenut-cenut. Intinya yang namanya giving birth itu ga ada yang enak dan gampang, jadi stop lah berasa paling jagoan, berasa jadi "ibu yang paling baik" cuma karena anda berhasil lahiran normal, bersyukur aja kalo dikasih kemampuan bisa lahiran normal, SC itu selain sakit jaitannya juga sakit di dompet :p, berenti lah ngejudge yang lairan SC itu manja,egois, lah kalopun manja juga manja sama suaminya sendiri kok, yang bayarin SC nya juga suaminya, kalo anda yang bayarin SC nya maka anda berhak protes :p. Yang masi bilang yang lairan SC itu bukan ibu yang baik semoga diberikan kesempatan ngerasain lairan SC rasanya gimana :p

2. Ibu yang baik itu ibu yang kasih ASI eksklusif !!
Saya sering liat di IG postingan foto Asi Perah (ASIP) full sekulkas dengan hestek #mamaperah,#pejuangasi,#anakasi,dan sejenisnya, mungikn saya baper ya, saya jadi mikir,kira-kira ni postingan maksudnya mau kasih semangat mommy-mommy lain buat berusaha full ASI, atau pamer doank ya? Yah saya juga ga brani ngejudge, karena hanya si pembuat post dan Tuhan yang tahu apa niatnya :p
Tapi masalahnya di sini, sering banget kalo ada yang posting/cerita kalo anaknya pakai sufor tanggapannya tuh kira-kira begini: kok sufor? kasian kan babynya dikasi sufor, gimana sih mommynya kok ga kasih ASI aja? anak sufor itu anak kaleng,anak sapi, dll senadanya, malah saya pernah tuh dicibir sama perawat RS gegara saya bilang baby J udah full sufor. Cerita dikit nih ya tentang balada ASI saya :p

jadi ceritanya, sejak hamil saya dan suami udah semangat mau kasih ASI. Saya nanya-nanya ke ipar gimana biar bisa full asi, lalu dia cerita kalo pas anak pertama ASI nya cuma keluar selama 4 bulan, itupun campur sama sufor, tapi pas anak ke dua asinya berlimpah bahkan anaknya yang pertama sekarang jadi kebagian ASI juga. Dia kasih saran bahwa harus sesering mungkin pumping dan nyusuin langsung ke baby, dia cerita perjuangannya gak mudah untuk keluarin ASI, setelah 2 minggu susah payah pumping cuma keluar dikit dan hampir putus asa barulah ASI nya semakin hari semakin naik kuantitasnya sampai hari ini. Saya dengerin cerita ini udah siap mental kalo ASI saya ga bakal gampang keluarnya, lagipula mama bilang dulu 3 anaknya sufor semua ngga ada yang ASI. Tanggal 19 Juli 2016 saya lahiran SC sehingga baru bisa mulai belajar menyusui besok paginya, saat pertama kali baby J ditempelin ke saya pinter banget dia ngenyotnya, tapi waktu itu ASI tetep belum keluar, sorenya baby saya mulai jengkel kali ya ngenyot terus tapi ngga dapet apa2 :p, mulailah dia rewel, tapi kata perawat baby baru lahir bisa tahan 2x24 jam tanpa asupan apapun, lagipula wajar kalau ASI belum keluar karena sebelum lahiran kan puasa dulu dan baru bisa makan normal tanggal 20 pagi, jadi mungkin "bahan" untuk bikin ASI nya masih kurang. Sore itu saya mulai galau, gimana nih, beneran nih bayi ngga apa2 ngga dapat asupan apapun mulai kemarin?ditambah mama saya waktu itu udah bingung aja nyuruh baby saya dikasi sufor dulu takut kenapa-kenapa2, tapi suami masih kekeuh mau tunggu ASI, okelah saya tunggu.

Tapiii malemnya ketika baby nangisnya mulai kejer saya ngga tega dan takut ada apa-apa jadi saya minta perawat kasih sufor dulu. Kalo baby sufor maka selama di RS baby ditaruh di ruang bayi, tapi karena saya masih niat mau keluarin ASI maka di waktu-waktu tertentu saya minta baby dianter kekamar dan saya susuin langsung. Tanggal 22 siang waktu mau pulang RS pas nungguin proses checkout saya seperti biasa praktekkin pijat payudara yang diajarkan sama perawat. Eh ternyata keluar ASI beberapa tetes, huaaaa seneng deh. Akhirnya di rumah saya nyusuin langsung sama campur sufor, ya katanya sih salah ya kalo dicampur sufor, tapi lha gimana donk kalo baby masih nangis juga meski abis nyusuin lama. makin hari jumlah ASI semakin meningkat meski ngga heboh sampai bisa nyetok-nyetok dan masih campur sufor tapi lumayanlah baby abis nyusu ngga nangis-nangis lagi berarti cukup buat kenyangin dia.

Sampai akhirnya di minggu ke 3 saya flu dan minum obat flu, setelah beberapa hari minum obat ini ASI langsung berkurang drastis. Saya berusaha buat balikin  ASI lagi, dengan minum suplemen dan tetep pumping meski hasilnya cuma beberapa tetes, ya pumping ya perah tangan saya coba, ngga ngefek, ASI saya kering, saya jadi frustasi. Saya orangnya ngga bisa gampang tidur pas baby lagi tidur, jadi otomatis sejak pulang RS hampir sepanjang hari kepala kliyengan gegara malem kurang tidur. Jadilah baby blues saya makin parah, tiap lihat baby nangis saya jadi makin juengkeeel, iya sebelumnya saya juga jengkel tiap lihat baby nangis,dan memompa PD kosong ini menambahkan poin pada derajat baby blues saya. Saya jadi makin uring-uringan tiap hari, puncaknya saat baby J pas umur 2 bulan dan saya bertengkar hebat sama suami, hanya gegara saya juengkel karena pas baby J rewel suami mendadak harus keluar rumah. Setelah pertengkaran ini saya jadi sadar, saya harus berhenti berusaha pumping PD kosong ini, dan mending istirahat di saat baby J tidur. Di titik ini saya sadar saya harus ikhlasin baby J full sufor, daripada berusaha keluarin ASI yang emang sejak awal  ngga begitu banyak dan entah kapan akan keluar lagi tapi efeknya saya jadi uring-uringan sama baby dan suami.

Begitulah, pasti setiap mommy punya alasan sendiri kenapa anaknya jadi anak sufor. Kalau anda bisa full ASI, bersyukurlah, tanpa perlu bersikap merendahkan sama buibuk lain yang kasih sufor ke anaknya, siapa sih yang ngga mau bisa kasih susu gratis ke anaknya? gratis dan sehat lagi. Kan kalo emang bisa mending uangnya buat beli baju, mekap, sepatu, dan lain-lain segambreng keperluan wanita :p

Ada yang bilang kalo mommy sufor itu mommy pemalas, ya saya jawab aja: anda kan rajin nih, gimana kalo anda ke rumah saya, bantu-bantu ngepel, jemur baju, masak, ngemong baby J, jadi saya bisa punya banyak waktu buat relaktasi demi bisa kasih ASI lagi ke baby J :p 

3. Ibu yang baik itu full time IRT !!
Memang, ngga ada yang bisa menggantikan peran seorang ibu di rumah. Dan saya yakin, setiap ibu (yang normal ye) pastilah memilih buat tinggal seharian di rumah nemenin si kecil daripada kudu berangkat pagi pulang sore demi sesuap nasi rames :p. Tapi balik lagi seperti poin-poin sebelumnya, tiap ibu punya alasan sendiri kenapa dia memilih untuk jadi ibu pekerja, Yang penting menurut saya suami setuju dan mendukung, dan anak-anak dijaga oleh seseorang yang benar-benar terpercaya, ya ngga masalah kalau ibu bekerja. Ini tuh hal yang relatif, kalo dijelasin bisa panjang kali lebar kali tinggi dan ngga ada habisnya. Contoh simplenya:  ada orang tua yang beranggapan ngga masalah lah ajak baby kemana-mana pakai motor, ada juga yang beranggapan baby ngga boleh diajak naik motor, sehingga mobil jadi kebutuhan. Ada lagi yang beranggapan ngga apa deh habis merit tinggal di rumah mertua, kan irit, sekalian nemenin orang tua juga kan, ada juga yang mikirnya habis merit harus tinggal sendiri donk, entah ngontrak atau beli rumah, yang penting tinggal sendiri biar lebih bebas mengatur rumah tangga dan lebih mandiri. Anggapan-anggapan itu mana yang salah mana yang bener? ngga ada yang salah! semua bener, tentunya dengan konsekuensi masing-masing. Mau jadi working moms atau fulltime housewife, semua pasti alasannya adalah yang terbaik buat keluarga masing-masing.

Lahiran normal, kasih ASI, dan stay at home full day as a mom itu adalah gambaran ideal kehidupan seorang ibu. Bagi kalian yang bisa memiliki kehidupan ideal itu, sekali lagi saya mau bilang: bersyukur ajalah lah tanpa harus bersikap merendahkan terhadap mereka yang menurut kalian ngga "ideal" itu, karena di dunia yang isinya milyaran ibu ini, dengan berbagai latar belakang dan alasan ngga mungkin semuanya sama "se-ideal" kalian yang lahiran normal,  ng-ASI, dan full day mom. Toh hidup kalian sendiri di berbagai sisi selain sisi motherhood juga pasti ada "ngga ideal" nya. Nobody's perfect lah. Jadi bersikap nyinyir adalah hal sia-sia yang cuma bakalan nambah dosa doank :p
Jadi ibu itu sama sekali bukan hal yang mudah. Alangkah baiknya kalo sesama mommy saling berbagi, bukannya saling mengkritik yang gak membangun alias nyinyir. Yang ng-ASI share lah tips-tips ng-ASI tanpa merendahkan yang nyufor, jadi yang nyufor mau share tentang sufor apaan yang cocok buat anaknya juga ngga perlu khawatir bakal dibully di medsos :p. Motherhood is a beautiful period in life, hayuklah dinikmati aja dengan jadi manfaat buat keluarga dan orang lain semaksimal mungkin.

Sekian saja, selamat sore dan selamat menjadi ibu !! :-* :-*

#anaksufor #anakasi #lahirannormal #lahirancaesar #lahiranSC #ibuhamil #parenting #ASI #sufor


Tidak ada komentar:

Posting Komentar